Terminal Ir. Soekarno, Kebanggaan Warga Klaten

Gapura Keluar Bus Terminal Ir. Soekarno, Klaten

Tahun ini sepertinya adalah tahun paling menggembirakan bagi warga Klaten dalam dunia perterminalan bus. Pasalnya tahun ini Terminal Ir. Soekarno, Klaten resmi menjadi Terminal Bus bertipe A dan menjadi terminal percontohan sosial di Indonesia. Selain itu Terminal Ir. Soekarno juga mendapat label terminal bus terbersih.

Klaten harus cukup bangga, meskipun hanya menjadi jalur transit diantara segitiga emas JOGLOSEMAR ( Jogja, Solo dan Semarang ) namun Klaten memiliki terminal yang kalau boleh saya bilang tak kalah bagus dibanding tetangga - tetangganya. Bahkan menurut saya Terminal Klaten itu masih lebih baik dari Terminal Giwangan meskipun  lebih sempit.

Terminal terbersih
Letak terminal ini juga cukup strategis di jalur by pass Klaten. Selain itu, bagi anda yang sampai di Klaten naik kereta dan akan melanjutkan perjalanan dengan bus juga sangat mudah karena letak terminal ini berada tepat persis di seberang Stasiun Klaten. Jadi semisal anda kehabisan tiket kereta api bisa melipir ke Terminal Klaten untuk naik bus ke tempat tujuan.

Suasana loket - loket bus
Selama saya berjalan - jalan di Terminal Klaten, saya tak pernah sekalipun menemukan calo. Entah memang karena saya yang kurang memperhatikan atau memang benar - benar tidak ada calo. Semoga di terminal ini benar - benar tidak ada calo yang membuat penumpang kurang nyaman.
Bus Sugeng Rahayu masuk ke jalur kedatangan
Ruang tunggu terminal juga tersedia nyaman bagi penumpang. Di sisi ruang tunggu juga tersedia warung makanan yang memudahkan penumpang yang tidak membawa bekal makanan dari rumah. Untuk harganya saya kurang tahu karena memang saya tidak pernah membeli makanan di terminal. Selain itu masih ada fasilitas area merokok, Mushola, Toilet, parkir, istirahat supir hingga petugas DISHUB yang siap melayani anda jika kebingungan di Terminal Klaten.

Oh ya, Terminal Ir. Soekarno ini merupakan penerus dari Terminal Buntalan. Dahulu Terminal Buntalan terletak di lahan yang sekarang dibangun menjadi kompleks Masjid Agung Al-Aqsa, Kabupaten Klaten. Letaknya berada di pertigaan yang kalau dari arah Solo lurus terus itu masuk ke Kota Klaten.

Bila anda seorang yang hobi traveling, jangan sungkan datang ke Klaten. Banyak kok bus - bus kekinian yang buka trayek ke Klaten. Diantaranya adalah Putera Mulya, Laju Prima, Handoyo dan masih banyak lagi. Berikut potret bus di Terminal Klaten.











Nah, itulah sedikit ulasan saya tentang Terminal Ir. Soekarno, Klaten. Semoga saja semakin kedepan membuat Terminal Ir. Soekarno semakin baik dan kalau bisa fasilitasnya dibuat seperti Terminal Tirtonadi yang sudah mirip Bandara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Narendra, Setiap Kayuhannya Tersirat Keadilan Untuk Korban Kanjuruhan

Catatan Perjalanan : Trip Tanpa Rencana

Bus di Sekitaran Jalanan Jogja - Solo