Bus di Sekitaran Jalanan Jogja - Solo

Anda pengguna jalanan Jogja - Solo? Pasti sudah tidak asing lagi dengan bus - bus Jogja - Solo. Kebanyakan bus AKAP Jogja - Solo adalah bus ekonomi non AC dengan konfigurasi kursi 3 - 2. Tapi ada yang ekonomi AC dengan konfigrasi kursi 2 - 2. Berikut saya berikan sedikit contoh bus Jogja - Solo. Semoga bisa menjadi referensi.

1. PO. Sedya Utama
Bagi saya, PO. Sedya Utama adalah bus bumel Jogja - Solo dengan pelayanan paling baik diantara bumel lainnya. Bus ini masih satu garasi dengan PO. Raya. Liverynya pun mirip. Hanya saja bus ini banyak warna hijaunya. Armadanya sangat terawat dan beberapa sudah ada fasilitas AC. Katanya sih bus ini melayani jurusan Jogja - Solo - Wonogiri. Saya tidak tahu berapa konfigurasi kursi untuk bus yang AC karena memang saya belum pernah naik yang AC. Saya sarankan anda untuk lebih memilih yang ini.

2. PO. Suharno
PO. Suharno juga merupakan bumelan Joglo ( Jogja - Solo ) dengan kualitas oke. Sebagian armada ada yang armada lawas dan baru. Yang terbaru adalah armada dengan chassis Hino AK dari karoseri Tri Sakti, Magelang. Seingat saya bus ini ada armada AC dengan label bus Eksekutif.

3. Sri Mulyo

 Jujur, untuk bus ini saya agak kurang sreg. Pelayanan saya rasa agak kurang. Tarifnya saya rasa agak mahal. Bus ini melayani trayek Solo - Jogja - Purwokerto. Bagi anda pengguna jalur Purwokerto - Jogja dengan dana minim bus ini bisa jadi pilihan. Tapi bila uang berlebih bisa naik PO. Efisiensi yang sudah berkelas Eksekutif.

4. Langsung Jaya
Bus ini terkenal banter ( katanya sih ). Bus ini dulunya melayani trayek ke Jakarta juga. Entah sekarang masih atau tidak. Untuk armada AC juga ada. Selain bus besar, PO ini juga melayani dengan menggunakan bus medium AC.

5. Bus Lintas Surabayaan ( Sumber Group & Eka - Mira )
Eka Double Glass Hino RK by Morodadi Prima

Mira ATB Hino AK

Sugeng Rahayu ATB

Sumber Selamat ATB

Ini bagi saya baru pilihan terbaik jika naik dari terminal. Tarifnya hampir sama dengan fasilitas lebih jos. Seluruh armada sudah ber-AC dan sebagian armada PATAS sudah ada toiletnya. Tapi bus ini tidak boleh menaikkan penumpang di pinggir jalan walaupn tujuan penumpang tersebut ke Surabaya. Harus naik dari terminal.

Itulah sebagian bus Joglo. Ada yang mau menambahkan?

















Komentar

  1. Tambahan sedikit info mas...kalo di malam hari bus Jawa timuran kadang-kadang mau naikkin penumpang Cegatan..soalnya bus lokal Jogja-Solo paling malam melakukan keberangkatan pukul 21.00 WIB.itu pun kalo busnya ada.karena kalo malam bus Jogja-Solo an susah nyarinya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Narendra, Setiap Kayuhannya Tersirat Keadilan Untuk Korban Kanjuruhan

Catatan Perjalanan : Trip Tanpa Rencana